Demam AFS !!

belakangan ini kelas gue, atau lebih tepatnya gue sedang berhasrat-hasratnya untuk ikut AFS. AFS? apaan tuh? merek baju? tempat les balet? ato wahana baru di dufan?.
well, mungkin bayangan lo tentang AFS itu ketinggian. AFS ato American Field Service adalah program pertukaran pelajar tahunan buat siswa sma kelas 1 dalam rangka menciptakan saling pengertian dan persahabatan agar terwujud perdamaian dunia. di Indonesia anak2 yang mau ikutan program ini harus dites dulu sama bina antarbudaya. kalo lolos, selama setahun kita bisa sekolah di luar, tinggal sama host family dan ngikutin program2 lainnya. Sebenernya yang diadain bukan cuma AFS aja, tapi ada juga YES (youth exchange and study) dan JENESYS (The Japan – East Asia Network of Exchange for Students and Youths). Bedanya apa? kalo YES, negara tujuannya Amerika, JENESYS itu Jepang (yaiyalah), sedangkan AFS itu bisa Amerika,Belanda, Belgia, Italia, Jerman, Norwegia Prancis dan Swiss. Bayar ga? kalo AFS itu bayar, tapi semampunnya aja. Kalo YES itu dibayar alias dikasih uang sangu, berapanya coba cek aja di website Bina Antarbudaya. Pokoknya semuanya asik (kalo lolos.amin)

Jadi lo ikut yang mana? gue sebenernya sih ikut semua, tapi pengennya dapet AFS ato kalo beruntung YES. Kenapa? soalnya untuk lolos YES itu perjuangannya lebih berat karena akan ada tes tambahan yang sepertinya sulit. jadi ya, gue sadar diri aja.
Mau kemana lo?
amerika tentunya. yeah, sebagai orang depok pasti bisa tinggal di amerika tuh fantastis banget.bakal gaul dan ngetop dah gitu! haha. intinya gue pengen ngeliat the real america..

oke, daripada ngelantur terlalu jauh membayangkan amerika dan paris hilton, mending ngomongin hal paling mendasar dari ajang pencarian bakat ini (cailah,indonesian idol kali?), tidak lain dan tidak bukan adalah pengisian formulir. yeah, menurut gue, ini adalah hal paling krusial. soalnya kalo first step aja uda salah,kebelakang nya akan susah.
susah?
jadi dalam formulir itu ada lembar2 informasi standar yang diisinya tinggal merem. selanjutnya ada kolom2 prestasi. yauda lah,bisa dikarang ini,hha (boong deng). dan selanjutnya adalah lembar2 berisi pertanyaan. sebenernya yang membuat susah bukan karena pelajarannya susah atau gue belom belajar semalem, tapi gue butuh jawaban yang kira2 dapat mencengangkan kakak yang ngebaca dan ngerasa kalo gue adalah the next indonesian idol, oh bukan, maksudnya, gue qualiffied buat ikut AFS. dan percaya sama gue, kalo ngisi beginian perlu pemikiran dan perenungan yang amat-amat matang supaya gue ga terperangkap di lubang yang sama (apaan si). jadi kira2 seperti ini pertanyaan nya:

menurut kamu, apakah sifat dan kepribadianmu?

sebenernya gue bisa aja jawab, "aku adalah anak yang baik hati,tidak sombong, rajin menabung,jagoan lagipula pintar". tapi tentunya bukan jawaban seperti itu yang diinginkan. pastinya yang ngebuat soal nyuruh kita berpikir keras buat nemuin kata2 yang pas banget buat ngedeskripsikan diri.dan memang menurut pengalaman teman2ku, soal ini memang sulit bukan main. kata temen gue, "lewatin aja dulu, gue juga gitu". buset dah, dikira lagi ngerjain uts,hha. untung dia ga bilang,"kalo ga tau tang-ting-tung aja."hahaha. dan gue coba berpikir-berpikir-berpikir dan berpikir untuk mendapat formula yang ajib. mudah2an ya, gue uda dapet ilham. eh enggak deng, gue ga bakal bisa dapetin ilham,kan dia cowo. h.a.h.a.h.a. (garing sumpah)

apa kelebihan/kekurangan kamu?

nah, ini dia pertanyaan yang menjebak. sebenarnya gue juga bisa nulis, "kelebihan saya diberkati otak yang luar biasa cerdas, berintelegensi amat tinggi, dan satu lagi... tidak mempunyai kekurangan". hhho. wah,gila aja ada orang nulis kaya gitu.disini akan dilihat, apakah lo anak y pd,lebai,sok tau,songong,atau malah rendah diri. dan mencari kata2 yang membuat gue ga terlalu terlihat sombong dengan kemampuan gue dan ga terlalu mengekspos kekurangan gue juga, adalah hal yang sulit.so, that's the point!!

satu lagi, "masalah terberat apa yang pernah dihadapi?"

jujur, i'm completely stuck and don't have any idea. menurut gue, mencari masalah yang berat akan jadi susah bukan karena gue ga pernah dapet masalah ato terlalu banyak masalah juga, tapi gue harus cari masalah yang bener2 relevan sama program ini dan harus yang bisa gue selesaikan.ehm.ehm.ehm. susah juga ya. bisa aja gue nulis,"masalah terberat saya dilema saya waktu mau sunat, waktu saya ga punya uang saat tengah bulan, pas lagi marahan sama pacar, ato saat saya kecebur got." no,no,no. jelas2 masalah itu ga nyambung sama afs dan bukan masalah gitu yang pengen diketahuin.masalah yang sampe sekarang belom gue temukan keberadaannya.hhe.

uda ah, gue mau lanjutin ngisi, masi banyak banget yang blank, sekalian buat nyari inspirasi.

teman-teman, doakan aku ya!!!

4 comments:

Anonymous said...

BENER BANGET! Hahaha... itu soal emang bikin stuck *high-five sama pemilik blogger meski nggak kenal, huahaha*

yandakbar said...

makasih ya mbak/om..
ternyata ada yang senasib sepenanggungan nih,hhe.

gue jadi malu... hahaha.

my happy life said...

persyaratannya apa sih klo ikut AFS? tesnya apa ja selain itu? :) thxx

yandakbar said...

nanti bakal ada pengumuman nya kok klo uda mulai lagi. paling yang mesti disiapin akte,rapot, skhun, gtu2.

tesnya, pertama akademis. pengetahuan umum.
kedua, wawancara. klo lolos lagi ikut dinamika kelompok. klo lolos, ya tinggal nunggu panggilan..
:D

Post a Comment